Manfaat Temulawak Ubtuk Kesehatan Tubuh

Dari jumlahnya ramuan tradisionil di Indonesia, temulawak adalah satu diantara yang sudah teruji dengan ilmiah. Temulawak atau cucrcuma xanthorriza roxb memiiki beberapa faedah buat badan. Mulai serta tingkatkan kebal badan sampai pencahar lemak.



Nah, tersebut beberapa faedah temulawak buat kesehatan badan.
Baca Juga
Kapsul temulawak naturafit
Kapsul temulawak tazakka


1. Menangani Permasalahan Skema Pencernaan

Faedah temulawak bisa merangsang produksi cairan empedu di kantung empedu. Nah, berikut yang dapat menolong pencernaan serta metabolisme makanan pada tubuh. Tidak hanya itu saja, tanaman herbal ini dapat juga menangani perut kembung, tingkatkan nafsu makan, serta menolong pencernaan yang tidak lancar.
Menurut satu studi yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Gastroenterology and Hepatology, beberapa pakar di studi itu minta seorang yang alami peradangan usus untuk konsumsi temulawak setiap hari. Lalu, bagaimana hasilnya? Nah, nyatanya mereka alami proses pengobatan yang bertambah cepat daripada grup lain yang tidak konsumsi temulawak.
2. Menangani Osteoarthritis

Tidak hanya baik untuk skema pencernaan, faedah temulawak yang lain dapat juga menolong dalam menangani osteoarthritis. Osteoarthritis sendiri adalah peradangan yang berlangsung pada persendian. Sendi-sendi yang menderita penyakit ini akan berasa sakit serta kaku.

Faedah temulawak berkaitan osteoarthritis sempat juga diedarkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine. Dalam jurnal itu disebutkan, dampak temulawak hampir sama dengan dampak ibuprofen (obat penghilang rasa sakit) yang diberi pada pengidap osteoarthritis.

3. Jaga Kesehatan Hati

Tanaman herbal asli Indonesia ini memiliki kandungan minyak atsiri, kurkumin, kamfer, glikosida, phellandrene, turmerol, myrcene, xantorizol, isofuranogermacreene, p-tolyl methyl carbinol, serta pati. Menurut pakar dari Divisi Hepatologi, Departemen Pengetahuan Penyakit Dalam FKUI/RSCM, senyawa dalam temulawak memang dapat memberi perlindungan buat organ hati. Oleh karenanya, temulawak baik dikonsumsi untuk memperhatikan kesehatan serta menahan penyakit.

Tetapi, temulawak kurang pas dipakai untuk mengobati penyakit hati, seperti hepatitis. Karena, hepatitis yang dikarenakan oleh virus, karena itu virusnya yang perlu diobati. Dalam kata lain, di sini manfaat temulawak cuma memberi perlindungan pada organ itu.
4. Menguraikan Lemak

Kelebihan temulawak yang lain punya pengaruh pada metabolisme lipid atau lemak. Metabolisme lemak sendiri adalah proses penguraian asam lemak menjadi daya badan. Tumbuhan herbal ini memiliki kandungan bahan aktif lain tidak hanya curcuminoid, yang dapat merubah skema metabolisme lemak.

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.