Manfaat Tempuyung Untuk Mengobati Batu Gunjal

Tempuyung salah satu tanaman liar yang didapati mempunyai manfaat di dunia penyembuhan. Tanaman ini bahkan juga diakui bisa meluruhkan batu ginjal. Tetapi, ada banyak yang belum tahu langkah memproses tempuyung untuk penyembuhan penyakit ginjal ini.
langkah memproses tempuyung untuk penyembuhan penyakit ginjal

tempuyung obat batu ginjal


Tanaman tempuyung dapat tumbuh secara baik di wilayah yang mempunyai ketinggian 50—1.600 m dpl, dengan curah hujan tinggi dan musim panas yang pendek. Tanaman tempuyung mempunyai beberapa bagian pohon yang hampir semua dapat digunakan jadi obat diantaranya sisi batang, daun, bunga, serta bijinya.



Tinggi tanaman tempuyung di antara 65—150 sentimeter, batang berlubang, berbulu, struktur lunak, serta memiliki kandungan getah berwarna hijau. Daun tempuyung berupa lonjong, permukaan daun licin dengan warna hijau keunguan, sisi pinggir daun bergigi tidak teratur, serta ujung daun berupa runcing.

Tempuyung mempunyai bunga berupa malay, dengan kelopak mirip lonceng. Mahkota bunga tercipta dari kelompok jarum berwarna kuning atau putih. Buah tempuyung berupa kotak serta berusuk lima, sisi permukaan ditumbuhi bulu hitam yang lalu akan menjadi biji memiliki ukuran kecil serta mudah.

Baca Juga
Obat herbal tempuyung
Obat ginjal sehat


Langkah membuat ramuan obat batu ginjal dari daun tempuyung


Untuk dapat memperoleh manfaat daun tempuyung jadi ramuan obat penyakit ginjal ginjal, Anda dapat membuat ramuannya sendiri. Di bawah ini cara-cara pemrosesan tempuyung jadi obat herbal untuk mengatasi penyakit ginjal.

  • Bahan ramuan pertama

Pada resep ramuan obat ini, Anda perlu mempersiapkan daun tempuyung kering sekitar 250 gr serta air 250 cc. Rebus daun tempuyung sampai mendidih. Air rebusan itu dapat Anda minum dengan teratur tiap hari dalam kondisi dingin.

  • Bahan ramuan ke-2

Sediakan daun tempuyung fresh 5 lembar, daun sawi 5 lembar, daun alpukat 5 lembar, serta gula aren 2 sentimeter.

Bersihkan terlebih dulu semua bahan terkecuali gula, lalu rebus dengan air 3 gelas sampai air tinggal 2 ¼ gelas. Saring air rebusan itu, lalu minum dalam kondisi dingin dengan teratur 3 kali satu hari semasing ¾ gelas.

  • Bahan ramuan ke-3

Sediakan daun tempuyung 5 lembar, jagung muda 6 buah, air 3 gelas, 2 sentimeter gula aren. Rebus semua bahan sampai tersisas 2 ¼ gelas, saring. Minum air rebusan itu 3 kali satu hari sekitar ¾ gelas.

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.