Begini Cara Mencegah Kanker Sebelum Terlambat


Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh ketidakteraturan perjalanan hormon yang mengakibatkan tumbuhnya daging pada jaringan tubuh yang normal atau sering dikenal sebagai tumor ganas. Selain itu gejala ini juga dikenal sebagai neoplasma ganas dan seringkali ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk:
  • tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal)
  • menyerang jaringan biologis di dekatnya.
  • bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik, disebut metastasis.
Tiga karakter ganas inilah yang membedakan kanker dari tumor jinak. Sebagian besar kanker membentuk tumor, tetapi beberapa tidak, seperti leukemia. Cabang ilmu kedokteran yang berhubungan dengan studi, diagnosis, perawatan, dan pencegahan kanker disebut onkologi.

Baca Juga
Telah hadir obat herbal terbaik untuk mengatasi Kanker
Sudah terbukti dengan banyaknya testimoni kesehatan



makanan sehat mencegah kanker


Mengonsumsi makanan yang sehat

Beberapa pakar yakin jika konsumsi makanan yang sehat bisa menahan sampai 10 % dari semua masalah kanker di Inggris. Makan semakin banyak buah serta sayuran sudah dihubungkan dengan penurunan efek kanker mulut, esofagus, lambung, paru-paru, serta laring. Makan kebanyakan daging merah (daging sapi, babi, domba) serta daging olahan (salami, bacon, hot dog) sudah dihubungkan dengan penambahan efek kanker. Sementar orang yang konsumsi semakin banyak serat bisa kurangi efek kanker usus. Panduan yang lain untuk menahan kanker mencakup:

  • Masukkan ayam serta ikan pada diet Anda. Ubah beberapa daging merah atau olahan yang Anda makan dengan ayam atau ikan satu sampai 2x per minggu. Coba ganti daging pada makanan dengan kacang atau tahu.
  • Makan paling tidak lima buah serta sayuran tiap hari.
  • Rempah-rempah yang sudah dapat dibuktikan mempunyai dampak penutupan karsinogen termasuk juga amla, bawang putih, serta kunyit (lewat kurkumin). Konsumsi kunyit (yang memiliki kandungan curcumin) dengan lada hitam untuk tingkatkan bioavailabilitas.
  • Untuk tingkatkan kandungan serat pada makanan Anda, mengonsumsi lima jenis buah serta sayuran tiap hari. Masukkan makanan gandum utuh pada makanan Anda tiap hari.
  • Diet tinggi lemak jemu bisa tingkatkan efek kanker payudara. Jauhi lemak jemu dengan membaca cap makanan serta pilih pilihan dengan dikit lemak jemu.



olahraga mencegah kanker

Olahraga dengan teratur

Riset sudah tunjukkan jika wanita yang olahraga 30 menit /hari lima kali per minggu (atau keseluruhan 150 menit) mempunyai 15-20 % turunkan efek kanker payudara. Riset lain dengan berkelanjutan tunjukkan pengurangan 30-40 % efek kanker usus besar saat individu tingkatkan kegiatan fisik mereka. Kegiatan fisik sudah dapat dibuktikan kurangi efek kanker paru serta endometrium.

Olahraga dengan intensif sedang sampai kuat sepanjang 30-60 menit /hari. Contoh latihan intensif sedang termasuk juga berjalan cepat, aerobik air, serta bersepeda kurang dari 10 mil /jam. Contoh latihan intensif yang kuat termasuk juga joging, mendaki bukit, berenang, serta lompat tali.
Baca Juga



vaksinasi mencegah kanker

Dapatkan vaksinasi


Infeksi dengan type virus tersendiri tingkatkan efek untuk type kanker tersendiri. Jadi contoh, virus yang mengakibatkan hepatitis B (HBV) tingkatkan efek untuk kanker hati. Infeksi dengan type tersendiri dari human papillomavirus (HPV) tingkatkan efek kanker serviks, dubur, vagina, serta vulva. Vaksin ada yang efisien dalam menahan infeksi dengan virus-virus ini. Penting untuk dicatat jika vaksin HPV serta HBV tidak sama juga dengan “vaksin kanker.” Vaksin kanker direncanakan untuk merangsang badan untuk menyerang sel kanker sesudah kanker berkembang.

Tanyakanlah pada penyuplai perawatan kesehatan Anda, vaksin mana yang pas untuk Anda serta beberapa anak Anda.

tidur cukup dapat mencegah kanker

Peroleh tidur yang cukup

Ada banyak bukti yang mengganggu irama sirkadian tingkatkan efek kanker. Satu studi temukan jika wanita yang kerja dengan agenda tidak teratur mempunyai efek 30 % tambah tinggi terserang kanker payudara dibanding mereka yang kerja dengan agenda yang lebih teratur. Perubahan kerja adalah unsur efek untuk kanker prostat.

Tidur yang kurang adalah unsur efek untuk obesitas, ini adalah unsur efek untuk kanker. Beberapa pakar merekomendasikan untuk coba panduan tersebut supaya tidur lebih pulas pada malam hari:Buat pola tidur. Selekasnya tidur pada saat yang sama tiap malam serta bangun pada saat yang sama tiap pagi.

Kerjakan kegiatan rutin tidur. Mengatur suhu dingin lewat cara yang sama tiap malam.

Buat situasi tidur yang nyaman. Untuk umumnya orang, ini bermakna suhu dingin, kebisingan rendah, serta ruang gelap.

Jauhi minuman dan makanan tersendiri di jam-jam sebelum tidur. Cafein bisa membuat Anda terbangun sepanjang berjam-jam sesudah Anda mengonsumsinya. Alkohol mungkin nampaknya membuat Anda tidur awalannya, tapi bisa mengganggu tidur pada malam hari. Tidur kelamaan bisa memunculkan ketidaknyamanan serta keperluan untuk toilet di larut malam.

Tidur di siang hari, tapi cuma dibawah 30 menit. Kebanyakan tidur di siang hari bisa mengganggu potensi Anda untuk tertidur pada malam hari.

Kerjakan berolahraga tiap hari, tapi jauhi berolahraga begitu dekat sama jam tidur.Dalami beberapa cara sehat untuk menangani depresi. Kecemasan mengenai keuangan, jalinan, serta pekerjaan bisa membuat Anda terbangun saat malam hari.
Label:

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.