Apa Penyebab Maag ? Ternyata Bukan Hanya Kelebihan Asam Lambung

penyebab maag

Apa Penyebab Maag ?

Sebelum mengobati maag, Anda harus mengetahui dulu apa penyebab maag itu sendiri. Secara garis besar terdapat empat penyebab sakit maag. Dan yang pasti penyebab sakit maag ini sebenarnya multifaktor, jarang hanya berdiri sendiri.

  • Kelebihan asam lambung

Terjadinya kerusakan dinding lambung disebabkan adanya ketidakseimbangan antara fakor agresif (yang merusak dinding lambung) dan faktor defensif ( yang mempertahankan keutuhan dinding atau mukosa/selaput lendir lambung). Asam lambung, termasuk obatobatan dan alkohol, merupakan faktor agresif. Sedangkan faktor defensif terdiri dari mukus, cairan yang diproduki  oleh dinding lambung dan makanan yang bersifat menetralkan asam.

  • Gangguan gerakan saluran cerna bagian atas

Gerakan yang kurang baik akan mengganggu proses pencernaan, termasuk pergerakan pengosong lambung. Akibarnya benda-benda atau zat yang mestinya bisa cepat dilewatkan termasuk yang bersifat merusak, menjadi lebih lama di dalam saluran cerna. Sementara itu proses pencernaan makanan, proses pembusukan, bahkan kotoran itu sendiri akan menghasilkan gas. Gangguan pergerakan dan sisa makanan yang makin lama berada di saluran cerna menimbulkan rasa tidak enak, rasa penuh, dan kembung.

  • Berhubungan dengan keaadaan psikis


Menurut para ahli kesehatan, keadaan inilah yang disebut dengan psikosomatik. Jadi ada stres yang tidak di wujudkan dalam keluhan psikis, seperti cemas, tapi malah dicetuskan dalam keluhan yang sifatnya somatis atau fisik. Misalnya sakit kepala, jantung berdebar, gatal-gatal, termasuk perut mual atau mulas, ungkapnya.
Keluhan somatis termasuk salah satu bahasa tubuh kita yang  kadang menjadi bagian dari gejala penyakit tertentu. Tapi biasanya kalau diteliti lebih lanjur itu ada benang merahnya. Keluhan somatis cenderung berhubungan dengan sistem organ yang lemah pada  orang yang bersangkutan. Jadi  kalau seseorang mual atau ulu hatinya merasa tidak enak saat menghadapi stres, ada kemungkinan bahwa sistem pencernaannya lemah.

  • Peradangan lambung oleh kuman Helicobacter Pilori


Menurut penelitian pada 50 persen orang sakit maag ditemukan kuman ini atau infeksi yang di sebabkan olehnya. Ulkus (luka) bilisa disebabkan oleh kuman ini, mengingat peradangan pada akhirnya dapar menimbulkan luka juga. Hampir 90 persen dari mereka yang memiliki luka di usus 12 jari terdeteksi positif Helicobacter pilori. Sedangkan angka tersebut pada penderita ulkus di lambung mencapai 80-90 persen. walau ada yang mengatakan 70 persen saja
Kuman ini masuk secara vekaloral atau dari kotoran (makanan yang terkontaminasi oleh kuman tersebut) maupun secara oral-oral (pada sekelompok orang yang alat makannya digunakan bersama sama atau tidak dicuci dengan baik)
Kuman ini paling senang tinggal di bagian tertentu dari selaput lendir lambung, selain itu helicobacter pilori merupakan kuman kelas satu penyebab kanker lambung. Sekitar dua persen pasien maag mengalami kanker lambung dan 90-100 % dari mereka ditemukan kuman itu
.- Baca nih SOPI

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.