5 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

Temulawak ialah tanaman asli Indonesia yang memiliki bentuk seperti dengan kunyit. Tanaman yang mempunyai nama latin Curcuma xanthorrhiza ini umumnya berupa seperti silinder dengan diameter 6 cm.

Biasanya, tanaman ini mempunyai kulit yang berwarna kuning muda. Jadi tanaman monokotil, tanaman ini tidak mempunyai akar tunggang. Akar yang dimiliki yakni akar rimpang.

Rimpang ialah sisi batang yang terdapat dibawah tanah. Rimpang dikatakan sebagai umbi akar atau umbi batang. Antara semua rimpang bergenus Curcuma, rimpang tanaman berikut yang terbesar antara tanaman yang lain.

temulawak


Rimpang temulawak terbagi dalam rimpang induk serta anakan. Rimpang induknya berupa bundar seperti telur serta berwarna kuning tua, sesaat sisi dalamnya berwarna jingga kecokelatan.

Dari rimpang induk ini keluar rimpang ke-2 yang lebih kecil serta tumbuh ke samping. Umumnya banyaknya sekiar 3 sampai 7 buah.

1. Penambah nafsu makan

Satu faedah temulawak yang populer ialah dia dapat meningkatkan nafsu makan. Ini membuat ramuan jamu temulawak seringkali digunakan orangtua untuk bikin anak-anaknya ingin makan lebih lahap tidak pilih-pilih makanan.

Kepala Poliklinik Komplementer Pilihan RSU Dr. Soetomo, Surabaya, dr Arijanto Jonosewojo, SpPD, menerangkan kandungan atsiri dalam temulawak yang bertindak dapat tingkatkan nafsu makan.

2. Turunkan cholesterol jahat

Diterangkan oleh dr Arijanto jika temulawak dapat menolong turunkan cholesterol jahat bernama low density lipoprotein (LDL) karena kandungan kurkuma. Satu orang dapat memperoleh faedah temulawak itu lewat cara tradisionil yakni konsumsi air rebusannya.

Langkah paling baik untuk merebus temulawak menudur dr Arijanto dengan menggunakan panci dari tanah liat serta tidak ditutup.

"Jika ingin turunkan LDL, panci semestinya dibuka sebab temulawak itu kan memiliki kandungan minyak atsiri serta kurkuma. Kurkuma untuk turunkan cholesterol serta atsiri penambah nafsu makan, kata dr Arijanto waktu lalu.

Baca Juga : sehat herba

3. Jagalah hati

Temulawak diketahui jadi satu diantara ramuan herbal yang berguna untuk beberapa pasien yang perlu konsumsi obat cholesterol periode panjang. Faktanya sebab menurut dr Arijanto temulawak bisa berperan jadi hepatoprotektor yang membuat perlindungan hati karena resikonya obat.

"Jadi hati dapat terproteksi dari resikonya simvastatin yang dikonsumsi dalam periode panjang. Ini kan jadi bentuk kombinasi therapy yang berguna," kata dr Arijanto

4. Tangani mag

Ahli temulawak dari Kampus Gajah Mada, Profesor Nyoman Kertia, MD, PhD, sudah pernah menyebutkan jika kurkuma serta minyak atsiri pada temulawak bisa menolong menangani penyakit seperti mag. Nilai plusnya ialah mengonsumsi temulawak relatif aman dari resikonya dibanding obat kimia.

"Ada analisa tahun 1995 yang menunjukkan nyatanya kurkuminoid serta obat kimia saling dapat menyembuhkan. Tetapi pada beberapa masalah, yang konsumsi obat kimia mendapatkan resikonya pusing, mual, sampai diare. Jika kurkuma, memang tidak se-'cespleng' obat kimia, tapi semakin lama sama mengobati tapi tanpa ada muncul resikonya," tutur Prof Kertia beberapa tahun kemarin.

5. Jaga kesehatan

Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek akui rajin minum jamu temulawak jadi triknya untuk jaga kesehatan ditengah-tengah aktivitas. Rutinitas minum jamu temulawak itu disebutkan Menkes Nila telah dilakukan lama serta ini dia aplikasikan untuk semua barisan di Kementerian Kesehatan.

sehat herba indonesia
https://sehatherba.com/

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.